Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript
Rabu, 21 Desember 2016

Administrasi Guru Kelas SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun Ajaran Terbaru

Salam edukasi buat rekan-rekan pengajar, sekarang anda sedang membaca artikel . Di dalam blog Administrasi Pendidikan terdapat berbagai macam file contoh format administrasi sekolah untuk staf pendidik sesuai dengan masing-masing jabatan yang ditentukan dalam struktur organisasi sekolah diantaranya Kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, guru wali kelas, bendahara, tata usaha, operator sekolah, dan pegawai perpustakaan.

Admin informasikan Kumpulan kelengkapan dokumen pendidikan berbentuk format excel, microsoft word, dan PDF. Semua berlaku bagi sekolah pelaksana kurikulum 2013 maupun pelaksana Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) yang bisa anda download dengan mudah melalui link di bawah ini.
Administrasi Guru Kurikulum 2013 lengkap download gratis
Administrasi Guru pembelajar Kurikulum 2013
Akan tetapi baca dulu artikel ini yang menjelaskan salah satu contoh format administrasi sekolah yaitu mengenai Administrasi Guru Kelas SD Kurikulum 2013 Sekolah Dasar dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 guru sekolah dasar yang mencakup perangkat pembelajaran guru kelas dan guru mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Dasar tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.
Administrasi Guru Kurikulum 2013 merupakan perangkat pembelajaran guru dalam mencapai target 8 Standar Nasional Pendidikan diantaranya :
Standar isi 
Standar Kompetensi kelulusan 
standar pendidikan dan tenaga pendidik
standar pengelolaan pendidikan
standar penilaian pendidikan
standar sarana dan prasarana
standar proses
standar pembiayaan pendidikan

Pencapaian pembelajaran Standar Nasional pendidikan juga berlaku untuk pengerjaan Administrasi guru kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP 2006). admin akan membahas artikel 1 dari 8 stnadar pendidikan yaitu standar pengelolaan pendidikan.
Administrasi Guru Kurikulum 2013 Meliputi Pengerjaan administrasi pembuatan penyusunan RPP, mempelajari cara penilaian autentik kurikulum 2013, pengembangan silabus, pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk Sekolah atau Guru pemegang kurikulum 2013 tingkat SD SMP maupun SMA. 

Staf sekolah yaitu guru pemegang kurikulum 2013 wajib mengikuti guru pembelajar karena materi kurikulum 2013 dengan kurikulum 2006 berbeda, dalam administrasi guru kurtilas terdapat aplikasi yang sudah di buat oleh kemdikbud, seperti :
Aplikasi pembuatan RPP dan silabus
Aplikasi Pembuatan Prota dan Promes
Aplikasi Raport Sekolah Dasar dan kisi-kisi (deskripsi)
Aplikasi Penilaian rekap siswa
Aplikasi Pembuatan soal
Aplikasi analisis Soal pilihan ganda dan essay
Aplikasi KKM Siswa

Guru pembelajar harus bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut yang termasuk dalam implementasi kurikulum 2013. bukan guru saja adapun administrasi kepala sekolah pemegang kurikulum 2013 salah satunya harus mengetahui tupoksi guru, kerangka dasar kurikulum, isi dari kurikulum 2013, dan pengelolaan kurikulum 2103.

Mari kita persempit bahan materi perangkat pembelajaran administrasi guru kurikulum 2013 biar anda tidak kebingunan dalam membaca artikel ini, kita ambil pembahasan dari pengembangan silabus dan Konsep pembuatan Penyusunan RPP kurrikulum 2013 tingkat SD. 

Silabus kurikulum 2013 Revisi terbaru yang terbagi dalam format silabus dan analisis silabus untuk kajian dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang di targetkan. Istilah silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari SK dan KD yang ingin dicapai, dan materi pokok serta uraian materi yang perlu di pelajari peserta didik dalam rangka mencapai SK dan KD.

Adapun File Silabus semester 1 dan 2 untuk bahan pembelajaran anda bisa dapatkan di bawah ini:
Download 

Analisis dan panduan Silabus Kurikulum 2013

link VIA | Google Drive

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang harus anda buat laporan nya sebelum dan sesudah setiap melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP di kembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Setiap guru wajib menyusub RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efesien, memotifasi guru untuk berpartisifasi aktif, dan memberikan ruang cukup bagi Guru yang akan mengembangkan proses belajar mengajar di kelas. harus anda ingat RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang di laksanakan dalam satu tatap muka atau lebih.
Download

Contoh RPP Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 semua tema revisi baru
Link Via | Google Drive 

Silahkan Kunjungi Juga halaman Kumpulan Aplikasi Perangkat Administrasi Guru Kurikulum 2013 


Demikian pembahasan mengenai artikel Administrasi Guru Kelas SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun Ajaran Terbaru selain berkas diatas masih banyak dokumen guru sekolah penting lainnya dengan berbagai jenis format yang bisa anda kunjungi di blog Administrasi Pendidikan. Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami, informasi tersebut semoga bermanfaat dan bisa membantu anda.

Informasi Penjelasan pengertian yang bersangkutan dengan pendidikan anda bisa mengunjungi web

kemdikbud.go.id

karena informasi tersbut akan lebih terpercaya sumbernya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar